September 30, 2022
wordpress adalah

Mengenal WordPress Platform Paling Populer untuk Membuat Website

WordPress adalah platform untuk membuat website yang saat ini paling populer di dunia. Jika Anda adalah seorang yang ingin membuat website profesional, maka banyak hal tentang WordPress yang harus Anda pahami.

Berikut adalah penjelasan lengkap mengenai wordPress!

Apa Itu WordPress?

WordPress adalah platform untuk membuat website yang diciptakan oleh Matt Mullenweg dan Mike Little di tahun 2003.

WordPress mulai dirancang setelah ditutupnya software blogging bernama b2/cafeblog. Matt dan Mike sebagai pengguna b2/cafeblog kemudian menginisiasi pembuatan software sejenis.

Pada tahun 2004, Matt dan Mike berhasil merilis WordPress 1.0 menggunakan fungsi-fungsi dasar yang dimiliki b2/cafeblog.

Sejak saat itu, WordPress mulai dikenal hingga saat ini dan menjadi CMS paling populer di seluruh dunia.

Hal yang menarik dari WordPress adalah, ia merupakan software yang bersifat open source serta bisa dimodifikasi oleh siapa saja.

Karena bersifat open source, artinya WordPress bisa digunakan secara gratis dan bebas.

Tidak hanya itu, WordPress juga menyediakan plugin yang memudahkan user untuk menambahkan fitur pada website hanya dengan sekali klik.

WordPress VS Blogspot

WordPress sering dibandingkan dengan blogspot. Namun, sebenarnya manakah yang lebih baik antara keduanya? Simak ulasannya berikut ini!

1. Kepemilikan

Kepemilikan blog atau website tentu perlu Anda perhatikan, utamanya bagi Anda yang ingin memilikinya untuk jangka panjang. WordPress dan Blogspot memiliki konsep kepemilikan yang berbeda, sebagaimana berikut.

Blogspot

Anda bisa menggunakan atau membangun blog sesuai yang Anda inginkan dengan berbagai tujuan. Namun, perlu diingat bahwa seluruh website tersebut bukanlah milik Anda.

Google sebagai penyedia platformnya berhak melakukan tindakan apapun terhadap website tanpa persetujuan Anda, bahkan hingga menghapus Blogspot Anda. Utamanya, jika Anda telah melanggar syarat dan ketentuan Google.

WordPress

Berbeda dengan Blogspot, saat Anda membuat blog di WordPress, maka seluruh isi website menjadi hak milik Anda. Hal ini karena Anda sudah berlangganan hosting untuk menyimpan data website tersebut.

Oleh karena itu, Anda bebas melakukan apapun terhadap blog Anda sendiri. Seperti hal nya mengontrol fitur, membuat subdomain, mengubah desain visual, dan masih banyak lagi.

2. Kemudahan Penggunaan

Sebenarnya Blogspot maupun WordPress sama-sama memiliki misi kemudahan untuk blogging. Jadi, manakah yang sebenarnya lebih baik?

Blogspot

Blogspot dari awal diciptakan sebagai platform blogging. Jadi, seluruh fitur di dalamnya telah menyediakan berbagai kebutuhan untuk mengelola blog. Hal inilah yang membuat tampilan serta navigasi dashboard pada blogspot menjadi simpel karena hanya berisi menu utama.

WordPress

WordPress mempunyai pilihan menu yang lebih banyak dibanding blogging. Meski begitu, navigasi pada tampilan WordPress sangat rapi dan intuitif. Anda tak membutuhkan waktu yang lama untuk mempelajari tampilan penggunaannya.

3. Kustomisasi

Saat membuat website yang unik tentu membutuhkan kemudahan dalam melakukan kustomisasi, bukan? Manakah diantara Blogspot atau WordPress yang menawarkan kemudahan kustomisasi?

Blogspot

Kustomisasi pada Blogspot bisa dibilang sangat terbatas. Hal ini memang bertujuan agar pemula bisa menggunakan platform ini dengan baik.

Sayangnya, jika Anda ingin menambah fungsi dari blog seperti adanya toko untuk produk tertentu, maka hal tersebut kurang mudah dilakukan.

WordPress

Saat menggunakan wordpress Anda bisa lebih leluasa mengelola blog atau website. Bahkan hal ini bisa lebih mudah lagi dengan bantuan plugin, yakni software dari pihak ketiga guna menambah fitur di website Anda.

Dengan adanya fitur plugin, Anda bisa melakukan berbagai kustomisasi pada website. Pertama, Anda tidak hanya fokus pada blog tapi juga website dengan bentuk lain, seperti website portfolio, toko online, dan masih banyak lagi.

Baca juga: Pengertian, Fungsi, dan Cara Kerja HTML

Cara Membuat WordPress

Setelah mengetahui wordpress adalah platform yang sangat penting, kini saatnya Anda memahami cara membuat wordpress!

1. Install WordPress

Langkah pertama adalah dengan menginstall WordPress baik otomatis maupun manual.

2. Buka Dashboard WordPress

Setelah berhasil memasang WordPress, maka langkah selanjutnya adalah membuka dashboard atau dasbor WordPress. Dengan dashboard WordPress Anda dapat mengelola website dengan mudah, mulai dari mengganti tema, menambah halaman, menambah plugin,  hingga menerbitkan blogspot.

3. Install Plugin

Setelah memasang tema yang diinginkan, Anda masih perlu memasang plugin untuk meningkatkan kinerja WordPress. WordPress menyediakan plugin sangat banyak. Anda bisa memilih salah satunya.

4. Posting Artikel

Untuk membuat post baru di platform WordPress, Anda hanya perlu membuka Add New dibawah Posts atau pilih New -> Post pada menu toolbar bagian atas. Kemudian akan muncul editor blog post yang disertai dengan berbagai fitur.

Silahkan ketik judul post terlebih dulu. Lalu, ketik konten post pada area yang disediakan. Jika ingin memformat teks, Anda juga bisa menggunakan opsi toolbar.

5. Buat Halaman Baru

Halaman WordPress merupakan konten statis yang tidak terjadwal seperti About Us dan Contact Us. Halaman ini tidak memiliki category dan tag. Lalu, bagaimana cara membuatnya? Pada menu navigasi WordPress, klik Pages > Add New.

Tentunya, Pages tidak memiliki categories dan tags. Sebagai penggantinya, Pages mempunyai Page Attributes yang berfungsi untuk mengubah urutan halaman dan membuat parent page. Parent page ini berguna untuk menyatukan beberapa halaman yang ada di bawah parent page yang sama.

Jika Anda sudah memahami bahwa wordpress adalah tools penting untuk membuat website profesional, akankah Anda akan mulai berlanggan layanan nya?

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *