October 1, 2022
duckduckgo adalah

Duckduckgo: Pengertian, Kelebihan, dan Kekurangannya

Duckduckgo adalah salah satu mesin pencari yang digadang-gadang mampu menyaingi bahkan mengalahkan mesin pencari paling populer saat ini, Google.

Yuk, kita kenali bersama mesin pencarian Duckduckgo secara lebih dalam, mulai dari pengertian, kelebihan, dan kekurangannya!

Apa itu Duckduckgo?

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, Duckduckgo adalah mesin pencari yang berfungsi untuk melacak aktivitas pengguna.

Pada dasarnya Duckduckgo hampir sama dengan Google, bedanya Duckduckgo tidak menggunakan cookie.

Artinya, mesin pencari tersebut tidak akan mengumpulkan alamat IP dan tidak mengharuskan penggunanya untuk membuat profil pribadi pada saat menggunakannya.

Poin lain yang dianggap membuat Duckduckgo berbeda adalah pengguna akan terhindar dari filter bubble. Padahal biasanya filter ini hampir selalu digunakan di semua search engine yang ada saat ini.

Filter bubble sendiri berfungsi untuk mengumpulkan data dan riwayat pencarian pengguna, sehingga antara satu pengguna satu dan pengguna lain memiliki hasil pencarian yang berbeda sesuai dengan preferensi masing-masing.

Hal ini sangat cocok bagi Anda yang menganggap privasi sebagai hal yang sangat penting untuk dilindungi.

Dengan meniadakan filter ini, artinya Duckduckgo tidak akan memata-matai aktivitas Anda saat menggunakan mesin pencariannya.

Baca juga: Mengenal Mesin Pencaria Bing: Kelebihan dan Kekurangannya

Kelebihan Duckduckgo

Duckduckgo adalah mesin pencarian yang dianggap memiliki banyak kelebihan jika dibandingkan dengan mesin pencari yang sudah ada, berikut kelebihannya:

1. Tidak Melacak Pengguna

Duckduckgo bisa dikatakan sebagai salah satu mesin pencari yang sangat menjaga privasi penggunanya. Oleh karena itu, Duckduckgo tidak akan melacak informasi pribadi dan aktivitas yang Anda lakukan saat menggunakan mesin pencari ini.

2. Hasil Pencarian yang Unik

Karena riwayat pencarian tidak akan terekam, maka hasil pencarian yang muncul lebih unik. Pasalnya, mesin pencari ini tidak menggunakan filter bubble. Seperti yang telah dibahas sebelumnya, fitur tersebut memiliki kemampuan untuk membuat mesin pencari mempersonalisasi hasil pencarian untuk penggunanya.

Sehingga, saat Anda melakukan penelusuran di Duckduckgo hasil yang diberikan lebih acak. Dalam artian semua pengguna bisa memiliki kesempatan untuk mendapatkan hasil pencarian yang sama.

Lebih lanjut, tidak akan ada hasil pencarian yang diberikan berdasarkan profil pengguna, budaya, dan politik si pengguna.

3. Sedikit Iklan

Jika berbicara mengenai teknologi yang ada di internet, pastinya semua pengguna sepakat bahwa kadangkala keberadaan iklan terasa sangat mengganggu. Maka, kehadiran iklan yang sedikit di Duckduckgo ini dianggap sebagai kelebihan yang disukai banyak pengguna.

Iklan yang ditampilkan akan diminimalisir dan hanya ditunjukkan berdasarkan kata kunci yang dimasukkan oleh pengguna. Sehingga, iklan tidak akan ditampilkan berdasarkan pada profil pengguna.

Lagi-lagi hal ini juga berpengaruh pada tingkat perlindungan privasi yang diberlakukan oleh Duckduckgo, karena mereka tidak merekam riwayat pencarian pengguna sehingga tidak akan menyimpan informasi apapun pada penggunanya.

Berbeda dengan mesin pencari pada umumnya yang mereka jejak pencarian dan menyimpan seluruh data pengguna. Sehingga iklan akan secara otomatis dimunculkan pada saat melakukan pencarian apapun.

Dan iklan yang dihadirkan biasanya akan lebih banyak dan bersifat personal bagi si pengguna dan memiliki keterkaitan dengannya.

5. Tidak ada Google Remarketing

Kelebihan terakhir adalah tidak adanya Google Remarketing atau retargeting yang merupakan suatu cara yang biasa digunakan oleh Google untuk memberikan izin pada para pengiklan di Google untuk mengikuti para pengguna yang dianggap akan menjadi calon pelanggan.

Dan memiliki izin untuk mengikuti segala aktivitas pengguna di internet. Tapi kabar baiknya Duckduckgo tidak akan melakukan hal tersebut. Sehingga iklan yang ditampilkan pun tidak akan berlebihan.

Kekurangan Duckduckgo

Meski memiliki banyak kelebihan namun tak bisa dipungkiri jika mesin pencari ini masih memiliki banyak sekali kekurangan, yakni:

1. Fasilitas Kurang Lengkap

Untuk fasilitas sendiri Duckduckgo memang terbilang masih belum lengkap, tidak seperti Google yang sudah memiliki banyak sekali fasilitas untuk menunjang aktivitas pengguna. Mulai dari Maps, Flights, Books hingga Finance.

2. Masih Kurang Nyaman

Sebenarnya data yang dikumpulkan oleh Google juga memiliki tujuan untuk meningkatkan layanan mereka untuk memberikan pengalaman terbaik bagi pengguna. Hal ini tidak akan bisa Anda dapatkan di Duckduckgo.

Penutup

Memang bisa dibilang Duckduckgo adalah salah satu mesin pencari yang memiliki banyak potensi karena memiliki beberapa kelebihan. Namun, mesin pencari ini juga tetap memiliki kekurangan yang harus ditingkatkan lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *